contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Senin, 28 Maret 2011

Universitas Negeri Jakarta, Rabu, 23 Maret 2011, Pertemuan ke 4
Seperti yang kita tahu sebelumnya bahwa pasar merupakan tempat bertemunya penyediaan layanan produk/jasa. Maka dalam peningkatan pelayan mutu pasar perlu di lakukan beberapa hal yaitu:
û  Penjualan Besar : yang dimana terjadi banyak penjual,banyak pembeli, dimanapun orang bisa beli dan harga relative gak mahal.
û  Produk yang bervariasi
û  Mempunyai gaya yang menarik
û  Kualitas dalam produk terjamin
û  Sasaran yang jelas
Dalam kegiatan pasar terdapat, kegiatan yang membagi / mengelompokan pasar dalam kelompok-kelompok pembeli dilihat dari perbedaan kebutuhan, karakteristik dan perilaku yaitu Segmentasi Pasar.
Dasar dalam melakukan segmentasi Pasar, yaitu:
1)   Deografis
Membagi pasar dalam geografis:
a)    Nation (Bangsa), menentukan produk yang kita miliki cukup hanya dalam negeri atau akan kita kembangkan ke luar negeri.
b)   Stage (Negara), membuat produk sesuai dengan aturan yang berlaku dan  memenuhi aturan yang berlaku.
c)    Region (wilayah), menentukan pemasaran produk yang kita miliki cukup dalam kota saja atau perlu di kembangkan ke luar kota.
d)   City (kota), menetukan kota yang dalam strategi pembayarannya bagus.
2)   Demografis
a)    Usia : Mengklasifikasikan kelompok usia, menentukan dalam penggunaan produk yang kita buat untuk usia berapa sampai berapa.
b)   Gender (male & female), pengguna produk terbatas hanya untuk perempuan dan lelaki juga.
c)    Family : sasaran / targetnya anak muda, orang tua, anak-anak. Kita harus menentukan hal tersebut.
d)   Pendapatan
e)    Jabatan / pekerjaan
f)     Rass
g)    Gaya hidup
h)   Kepribadian
3)   Behaviour (Pengguna Reguler apa Cuma sekali)
a)    Perilaku
b)   Sering tidaknya digunakan produk
c)    Loyalitas kepada pelanggan
d)   Kesiapan konsumen

Dalam segmentasi terdapat 4 prinsip, yaitu:
1)  Bisa Diukur
Dalam hal ini yang perlu diperhatikan dalam menentukan segmentasi pasar yaitu dari letak bidang usaha yang kita bangun apakah bisa di ukur/dijangkau oleh masyarakat. Setelah itu dalam suatu masyarakat sekitar dapat/bisa di data penduduknya seperti berapa banyak penduduk yang anak-anaknya sekolah di SD, SMP, SMA/SMK, PTN/PT, serta data-data anak yang putus sekolah. Sehingga dalam hal ini jelas dan dapat di ukur.
Daya beli/ minat masyarakat merupakan salah satu faktor yang bisa diukur dalam segmentasi. Karena dengan mengetahui daya beli/minat masyarakat meningkat maka ukuran atau data yang diperoleh sudah tepat, sebaliknya, apabila daya beli/minat msyarakat yang menurun maka terjadi kesalah dalam melakukan pengukuran dan pendataan kepada penduduk.
2)  Aksesbilitas
Dalam hal ini segmentasi yang kita tentukan dalam bidang usaha pendidikan yang kita dirikan dalam suatu penduduk, kita harus mengetahui apakah dalam mencari tenaga kerja yang berkompeten sesuai dengan keinginan,serta lembaga/usaha yang kita miliki untuk mengajar dalam suatu daerah atau desa mudah untuk di temukan. Serta transportasi yang mudah dijangkau oleh penduduk / masyarakat sekitar. Hal tersebut perlu di perhatikan karena tempat yang strategis dapat memudahkan transpotasi yang mudah di jangkau oleh masyarakat.
3)  Menguntungkan
Segmentasi yang sudah dibuat dalam suatu bidang usaha lembaga yang kita bangun. Perlu adanya suatu ukuran atau perhitungan keuntungan yang harus diperoleh. Apakah usaha yang kita bangun mengalami kerugian tau cukup menguntungkan? Hal tersebut harus kita pikirkan, karena dalam kita membangun suatu bidang usaha salah satu tujuannya yaitu mendapatkan keuntungan dari usaha yang kita dirikan.
4)  Bisa Tidaknya Diwujudkan
Gagasan/rencana dalam menentukan segmentasi yang sudah kita buat, apakah kita bisa melaksanakan/ mewujudkannya. Bukan hanya suatu gagasan/rencana yang perlu dibutuhkan dalam melakukan/ mendirikan suatu bidang usaha. Hal ini perlu diperhatikan karena pelaksanaan dari gagasan/rencana yang sudah kita sepakati bersama perlu adanya suatu pelaksanaan/perwujudan.

0

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Pages

Fun Busnises Indonesia Bisnis yang di jalanani dengan Fun

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll


Followers