contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Selasa, 08 Maret 2011

jasa merupakan suatu aktifitas atau serangkai kegiatan dimana terjadi interaksi dengan manusia dengan mesin yang disediakan untuk memuaskan pelanggan. Tanpa terasa jasa dapat kita rasakan dalam aktivitas sehari-hari kita, seperti : jasa pembayaran Tol yang sekarang lebih di permudah untuk melakukan pembayaran, sehingga mengurangi kemacetan yang terjadi sebelum-sebelumnya. Jasa bersifat intangible (abstrak) setelah kita lihat secara keseluruhan kita akan tahu maknanya. Dalam jasa ada beberapa hal yang mesti perlu diperhatikan yaitu:
Ø  Kepuasan pelanggan
Jasa yang baik yaitu jasa yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sehingga bisa dikatakan berhasil jasa yang kita berikan kepada masyarakat.
Ø  Kemasan (sampul)
Ketika kita mempunyai sebuah jasa, kita harus benar-benar membungkus kemasan sebagus mungkin untuk memasarkan produk yang kita punya. Sehingga dapat memperoleh minat masyarakat yang cukup bagus.
Ø  Memilih kelompok mana yang di ambil
Kita harus menentukan untuk golongan manakah yang akan memperoleh jasa kita.

Jasa harus di dukung dengan:
1.   Segi Fisik
Berupa bangunan jasa yang dimiliki dan kelengkapan sarana dan prasarana yang cukup untuk melakukan aktivitas jasa kita.
2.   Segi Orang
Terinspirasi kepada nama orang-orangyang menurut mereka patut untuk di apresiasi, selain itu juga Identitas, prestasi dan kualitas peran dan nama sebuah jasa sangat penting.
3.   Penempatan
Lokasi jasa yang kita punya harus strategis yang mudah untuk di singgahi pelanggan.
JASA PENDIDIKAN
Didalam dunia pendidikan terdapat jasa, tetapi jasa yang seperti apa? Pendidikan merupakan Industri yang mulia dan mempunyai value (nilai) tidak harus sesuai dengan keinginan pelanggan. Contohnya : seorang siswa meminta jasa seorang guru untuk tidak mengajar pada waktu dia sedang malas belajar. Hal itu tidak akan mungkin trjadi dalam dunia pendidikan. Karena di dalam dunia pendidikan berbeda ranahnya dengan jasa pada umumnya.
Jasa dalam dunia pendidikan itu tidak bisa disimpan, begitu jasa sudah diproduksi, maka tidak bisa di produksi lagi. Contohnya: ketika seorang guru menjelaskan sebuah materi pelajaran tetapi salah seorang muridnya tidak hadir, maka tidak mungkin seorang guru tersebut menyimpan apa yang dia sampaikan penjelasan yang sudah dia lakukan dikelas dengan mengulang kembali penjelasannya kepada murid yang tidak hadir tersebut. Dan dalam dunia pendidikan jasa iterlebih dahulu di beli, baru bisa di produksi.

BISNIS DAN JASA BERKEMBANG
Dengan cara:
a)   Memperbaharui jasa yang kita tawarkan
Contohnya: berkembangnya berbagai jasa kredit (kredit uang, kredit motor, kredit rumah,dll)
Ada beberapa hal yang harus di lakukan seperti:
û  Survey : kita melakukan survey ke masyarakat,apa saja yang sedang dibutuhkan masyarakat seperti apa.
û  Data : setelah kita melakukan survey yang akan kita peroleh yaitu data, mana yang paling tinggi permintaan konsumen itu sendiri. Terkadang data tersebut perlu d klarifikasikan.
û  Hotline(layanan free) : menyediakan layanan konsumen yang free(bebas biaya), seperti berupa keluhan dan kepuasan yang diperoleh konsumen.
b)   Localizing service point system
Contohnya: Dilivery dan mempunyai cabang dan tempat dimana konsumen ada.
Ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti:
©  Tidak mengambil untung pendapatan secara langsung, tapi diambil secara umum
©  Mempromosikan jasa seperti orang, tatapi promosi dengan jarak bebas waktu.
c)   Lavarage contract
Perlu ada kesepakatan kepada konsumen. Sehingga pembeli tahu apa manfaat jasa yang ia beli, supaya ia yakin akan mendapat manfaat tersebut.
Ada pun kegiatan yang harus dilakukan yaitu:
ü  Membership(keanggotaan) menarik pelanggan dengan adanya diskon dan hadiah menarik lainnya.
d)   Power of Information
Menggunakan kekuatan informasi dengan menggunkan jaringan sosial seperti : facebook, twiteer, yahoo,dll. Untuk mempromosikan jasa kita.
e)   Strategi Value
Yaitu Nilai-nilai strategis untuk meyakinkan orang, sehingga orang tersebut tidak bisa menolak.
Adapun hal-hal yang membedakan nilai-nilai strategi suatu jasa,yaitu:
v  Kita harus mengetahui sekmen kita (keadaan ekonomi masyarakat dan citra masyrakat)
v  Persaingan dengan selalu mempromosikan jasa kita dengan image yang berkualitas.
v  Seberapa kuat bisnis usaha yang kita jalankan, kita harus belajar dari 1 tempat ke tempat yang lain,dengan pandai memilih bisnis mana yang baik.
v  Kemungkinan orang untuk pindah ke produk jasa yang lain. Informasi yang diperoleh masyarakat kadang bisa menjadi ancaman dan peluang produk kita.

0

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Pages

Fun Busnises Indonesia Bisnis yang di jalanani dengan Fun

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll


Followers