Pasar merupakan tempat bertemunya antara pembeli dan penjual untuk melakukan suatu transaksi sesuai dengan kesepakatan bersama. Dengan adanya pembeli yang membutuhkan barang dan jasa maka timbulah pasar. Pemasaran akan terjadi apabila suatu objek jasa dan produk sering di promosikan, maka terjadilah pemasaran.
Jadi, pemasaran (marketing) yaitu proses sosial dan manajerial yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk mempertemukan apa yang diinginkan dan dibutuhkan melalui pembuatan atau pertukaran produk dan jasa. Produk ialah apapun yang bisa ditawarkan di pasar yang dpat d konsumsi dan dapat memuaskan kebutuhan. Jasa ialah interaksi antara produsen dan konsumen.
Suatu pemasaran akan bernilai baik dan berhasil apabila terjadi 2 hal, yaitu:
1) Kepuasan Pelanggan yaitu upaya yang dikeluarkan sebanding apa yang diperoleh.
2) Transaksi yaitu perdagangan diantara 2 pihak dengan kesepakatan value (nilai) dan agree (kesepakatan).
Terdapat 5 konsep pemasaran
v Production concept
Produsen akan terus meningkatkan penjualan produknya dengan memperbanyak tempat penjualan produk sehingga masyarakat dengan mudah memperoleh produk tersebut.
v Product concept
Produsen akan terus meningkatkan kualitas produknya, karena dengan begitu akan terjadinya kepuasan pelanggan.
v Selling concept
Produsen lebih meningkatakan pemasaran kualitas produk kepada masyarakat. Lebih di jelaskan secara jelas kepada masyarakat mengenai produk yang kita jual.
v Marketing concept
Produsen lebih mengutamakan tujuan dari pemasaran (marketing) yaitu kepuasan pelanggan. Sehingga lebih di fokuskan kembali kapada kebutuhan yang diinginkan konsumen atau pelanggan.
v Social marketing concept
Konsep ini mengajak konsumen untuk ikut serta dalam kegiatan yang diinginkan sehingga pemasaran yang dilakukan bisa dianggap berhasil dan terjadi kepuasan pelanggan.
MAYKOTUN ASYIDAH
1445097786
Manajemen Pendidikan '09
NON REGULER
MAYKOTUN ASYIDAH
1445097786
Manajemen Pendidikan '09
NON REGULER