contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Selasa, 17 Mei 2011


Jakarta, 11 Mei 2011
Universitas Negeri Jakarta, dalam mata kuliah Manajemen Pemasaran Pendidikan dengan dosen: Amril Muhammad, SE.,M.Pd. merupakan lanjutan dari pertemuan sebelumnya, yaitu mengenai 4P di dalam marketing mix.
2.    Price
Price atau harga (sejumlah uang yang ditukarkan untuk memperoleh sebuah product atau jasa / sejumlah nilai yang digunakan untuk memperoleh manfaat dari pemilikan atau penggunaan jasa. Pricing merupakan hal-hal yang berkaitan dengan harga.
Ada 2 faktor yang perlu diperti,bangkan dalam price(harga),yaitu sebagai berikut:
a.    Internal factor (faktor-faktor yang ada didalam suatu suatu proses produksi)
1)   Cost(Harga Pokok)
Untuk menentukan Harga Pokok, yaitu dengan cara:
Biaya Bahan Baku + Tenaga Kerja Langsung + Biaya Overhead Pabrik + Laba Yang di harapkan
2)   Marketing mix strategi
Barang-barang / product yang sama dapat dijual dengan tempat / toko yang sama ataupun dijual di tempat / toko yang berbeda.
3)   Marketing Objektive
Dalam hal ini tujuan pemasaran harus ditentukan dan jelas.

4)   Organisatition consideration
Pertimbangan-pertimbangan dalam organisasi yang berkatitan dengan:
1)   Sumber Daya Manusia(SDM)
2)   Product (kemasan)
3)   Coverage (mempunyai tempat yang ada dimana-mana, serta mempunyai tempat yang terjangkau)


b.    Eksternal Factor
1)   Market
a)   Pure Competition
b)   Monopoli(sebuah perusahaan yang mampu mengambil ahli, contohnya :PLN yang setiap 3 bulan sekali menaikkan harga.)
c)    Oligarki (beberapa perusahaan yang menyepakati harga / kelompok perusahaan yang menentukan harga)
2)   Demand (kekuatan permintaan)
D   S - P
D   S-  P
3)    Competitors( persaingan yang terjadi di luar antar perusahaan, contohnya: persaingan yang terjadi Mc Donald dengan KFC)
4)    Other extrenal factor
Ø Politik
Ø Sosial
Ø Hukum
Ø Ekonomi
Ø Geografi

Cara menentukan harga:
1)   Pricing Approach
a)   Cost best pricing
Harga Pokok Penjualan + Laba
b)   Value best pricing ( menentukan sasaran kelompok konsumen tingkat seperti apa product yang kita tawarkan)
c)    Competition based pricing (persaingan yang harus selevel)
2)   Price Adjusment Strategis
a)   Discount & All nance (potongan harga dan tuker tambah)
b)   Segmented pricing (tergantung segmentasi kelompoknya)
c)    Psychologikar pricing (menetapkan harga secara psikologi, contohnya:Rp.4.950,00 secara psikologi lebih murah di bandingkan dengan Rp.5.020,00. Padahal biaya yang dikenakan sama.
d)   Reference pricing (pembelian barang yang dilakukan karena sebelumnya sudah mendapatkan informasi mengenai barang yang akan kita beli)
e)   Promotional price (pembeli membeli barang karena adanya discont – discont, seperti penjual yang baru membuka barang dangannya biasanya menggunakan ptongan harga untuk kegiatan penjualan promosi)
f)     Geographie price
g)   International price


3.    Place
Place merupakan suatu pendistribusian barang atau produk dari produsen kepada konsumen. Beberapa pendistribusian yang dilakukan,yaitu:
a)   Langsung, barang atau product dijual di area took sendiri atau bias dengan menyewa took.
b)   Intermediatery, product yang dijual dilakukan dengan kesepakatan bersama atau kerjasama dengan pihak lain serti;supermarket,atau pun pihak ketiga, dengan system bagi hasil.
c)    Hybrid, pendistribusian campuran, yaitu pendistribusian yang dilakukan dengan tidak hanya menjual product di took sendiri, tetapi juga melakukan pendistribusian kepada agen.
d)   Telemarketing, merupakan suatu pendistribusian yang dilakuakan dengan melakukan penawaran kepada konsumen terlebih dahulu.
e)   MLM (multi Lavel Marketing) ;berjenjang
f)     E-commerce , pendistribusian dilakukan dengan system online dan website.
Alasan dalam memilih saluran distribusi:
1)   Efisiensi biaya
2)   Focus pada produksi
3)   Kualitas
4)   Sumber Daya Manusia
5)   Pergudangan

4.    Promotion
Marketing promotion and communication
Dalam melakukan suatu bisnis tidak hanya memerlukan suatu pendistribusian product atau barang, salah satu hal yang dilakukan adalah melakukan pemasaran promosi serta perlunya komunikasi kepada masyarakat/konsumen, yaitu dengan cara:
1.    Advertising / iklan, bentuk promosi yang dilakukan dengan penyampaian melalui dengan media cetak, televise, Koran dan brosur.
2.    Personal selling, promosi penjualan yang dilakukan dengan bantuan sales.
3.    Sales promotion, promosi penjualan dilakukan oleh perusahaan kepada konsumen dengan memberikan bonus atau ptongan harga dengan jangka waktu tertentu.
4.    Public Relation, proses membangun hubungan baik dengan masyarakat terkait dengan product kita, serta untuk menghadapi tanggapan-tanggapan yang mungkin  negaif dari masyarakat, dengan tujuan untuk membangun image/citra yang baik.

0

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Pages

Fun Busnises Indonesia Bisnis yang di jalanani dengan Fun

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blogger templates

Blogroll


Followers